Ciptakan Sensasi Berbeda Dengan 7 Tips Memasak dan Resep Ayam Goreng Ukep Ini

by -12 views
7 Tips Memasak dan Resep Ayam Goreng Ukep
7 Tips Memasak dan Resep Ayam Goreng Ukep

Resepmasakans.com– Ayam merupakan hewan unggas yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Selain harganya yang relatif murah, cita rasa dari olahan ayam ini juga sangat menarik. Tak heran jika banyak sekali orang yang menyukai daging unggas yang satu ini. Salah satu resep ayam goreng yang bisa Anda coba untuk mengolah ayam adalah resep ayam goreng ukep.

Untuk membuatnya menjadi makanan yang sangat lezat dan nikmat tidak memerlukan banyak biaya. Hanya saja diperlukan tangan ahli dan memang berbakat dalam bidang kuliner. Menu yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai menu andalan keluarga maupun menu makanan di berbagai acara seperti arisan, kumpul keluarga, dan lain-lain.

Dengan demikian acara yang Anda buat pun bisa lebih meriah. Sudah tertarikkah Anda dengan menu yang satu ini? nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai resep ayam goreng ukep yuk, simak ulasan di bawah ini.

Tips Membuat Ayam Ukep yang Nikmat dan Menarik Mata

Tips Membuat Ayam Ukep yang Nikmat dan Menarik Mata
Tips Membuat Ayam Ukep yang Nikmat dan Menarik Mata

Nah, agar ayam yang dihasilkan menjadi lebih enak dan menarik. Gunakanlah ayam segar dan bumbu yang tidak terlalu sedikit. berikut tips yang bisa coba saat akan membuat ayam ukep yang lebih menggugah selera.

  1. Gunakan Ayam yang Telah Dipotong-Potong

    Agar bumbu bisa meresap sempurna potonglah ayam menjadi bagian yang lebih kecil. Jika ayam utuh langsung dibumbui biasanya bumbu tersebut tidak akan meresap secara sempurna, sehingga rasa ayam yang dihasilkan kurang nikmat.
  2. Lebih Baik Gunakan Bumbu Halus

    Jika ayam sudah siap dan sudah dipotong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Mulailah membuat bumbu halus. Usahakan bumbu tersebut dibuat dengan cara diulek karena, hasilnya akan berbeda dengan yang menggunakan mesin. Selain itu, bumbu yang halus diulek juga membuat rasa ayam menjadi lebih lezat.

    Nah, biasanya ayam ukep ini menggunakan bumbu yang khas seperti bawang, kemiri, lengkuas, kunyit, daun salam, sereh, ketumbar dan jahe. Semua rempah tersebut dihaluskan kecuali daun salam dan sereh yang bisa dimasukan langsung bersama ayam yang akan diukep.
  3. Gunakan Api Kecil Ketika Memasak

    Penggunaan api kecil sangat dianjurkan karena, bumbu ayam bisa lebih meresap ke dalam ayam. Selain itu, tekstur dan tingkat kematangan ayam yang dimasak dengan api kecil juga bisa lebih sempurna.

    Teknik slow cooking ini memang bisa memakan waktu yang lebih lama daripada biasanya. Namun, hasil produk setelah menggunakan teknik seperti ini bisa lebih bagus. Hal ini dikarenakan apabila menggunakan api yang terlalu besar bagian luar ayam bisa menjadi overcooked sedangkan bagian dalamnya belum matang.
  4. Menggunakan Air Secukupnya Saja

    Dalam merebus ayam gunakan air dengan ukuran yang pas. Hal ini dikarenakan saat ayam sudah matang tidak akan banyak mengeluarkan cairan. Dalam merebusnya juga tidak perlu menggunakan air sepanci penuh. Ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran ayam yang akan direbus.

    Namun, jika Anda menggunakan ayam kampung bisa menambahkan air lebih banyak. Penggunaan air yang lebih banyak dalam merebus ayam kampung ditujukan agar ayam bisa lebih empuk. Sebab, ayam kampung memiliki tekstur yang lebih keras dari ayam negeri.
  5. Rebus Air dan Bumbu Terlebih Dahulu

    Nah, sebelum merebus ayam yang akan diolah. Sebaiknya rebuslah bumbu dan air terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar bumbu bisa menyerap sempurna pada daging ayam. Selain itu juga bisa membuat cita rasa ayam semakin menggugah selera. Dalam proses perebusan ayam bisa menggunakan api besar.

    Teknik perebusan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang akan membuat ayam ukep. Dengan menggunakan resep ayam goreng ukep disertai tips yang benar. Selera makan akan menjadi lebih baik.
  6. Perhatikan Lama Memasak

    Idealnya agar ayam bisa matang sempurna yang artinya tidak terlalu matang atau pun tidak terlalu mentah lama waktu untuk mengungkep ayam adalah 30-45 menit. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa bagian ayam yang mudah matang seperti bagian paha.

    Jadi, apabila dalam proses mengungkep terlalu lama akan membuat tekstur ayam menjadi semakin buruk. Jika Anda ingin lebih cepat lagi, bisa menggunakan panci presto yang hanya memerlukan waktu 10 menit saja dalam pengolahannya.

    Hal ini dikarenakan panci presto sudah di desain khusus dan bisa menghasilkan makanan yang lebih empuk daripada menggunakan alat lain. Terlebih lagi jika makanan itu berupa daging yang keras. Jadi, penggunaan panci presto sangat dianjurkan untuk Anda yang akan mengolah ayam kampung.
  7. Gunakan Tutup Panci

    Agar sari bumbu yang menguap tidak hilang begitu saja, gunakanlah tutup panci. Tujuan dari penggunaan tutup panci ini yaitu agar sari bumbu yang akan keluar bisa kembali ke dalam dan meresap pada ayam. Penggunaan tutup panci juga merupakan salah satu trik agar hasil dari makanan yang dibuat bisa lebih lezat.

Trik ini juga sering dipakai oleh para koki yang bekerja di restoran bintang 5 lho. Jadi, Anda yang masakannya ingin seperti koki terkenal, bisa mencoba tips ini dan melakukannya di rumah. Selain rasanya yang lezat, masakan yang Anda buat juga akan lebih menarik dan menyerupai makanan yang dibeli dari restoran ternama.

Resep Ayam Goreng Ukep

Resep Ayam Goreng Ukep
Resep Ayam Goreng Ukep dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu:

  • 1 ekor ayam ayam dipotong menjadi beberapa bagian kecil
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 cm jahe
  • 2 sendok makan ketumbar
  • 3 cm kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 4 sendok teh garam atau sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara membuat:

  • Bersihkan ayam yang sudah dipotong
  • Haluskan semua bumbu seperti bawang, kunyit, kemiri dan lain-lain
  • Lumuri ayam yang sudah bersih dengan bumbu halus tersebut
  • Median bungkus ayam menggunakan daun pisang lalu sisihkan
  • Siapkan panci dengan air dan masukan ayam yang sudah dibungkus dengan daun pisang
  • Tunggu hingga ayam tersebut hingga matang atau hingga ayam mengeluarkan banyak air
  • Jika ayam sudah matang, angkatlah ayam dan tiriskan
  • Kemudian, siapkan wajan dengan minyak secukupnya dan panaskan
  • Jika minyak sudah panas masukan ayam yang sudah diungkep
  • Setelah itu, goreng ayam hingga matang dan renyah
  • Setelah ayam sudah kering dan teksturnya matang angkat serta tiriskan
  • Jika sudah matang tiriskan dan sajikan dalam tempat yang menarik
  • Beri beberapa hiasan seperti selada, tomat dan sebagainya agar tampilan ayam lebih segar
  • Ayam ukep siap dihidangkan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips dan resep ayam goreng ukep yang bisa Anda coba. Selain banyak disukai, resep ayam yang satu ini juga memiliki cita rasa lokal yang sangat menarik. Bahkan, kini di berbagai restoran sudah menyediakan menu ayam ukep sebagai menu spesialnya. Menarik bukan makanan ini? Buruan coba resepnya sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *